Senandung Ibu

Jumat, 27 Juli 2012

Resep Pempek Kapal Selam




Pempek Kapal Selam termasuk varian pempek yang paling gemari. Dinamakan kapal selam karena bentuknya yang besar memanjang seperti kapal selam. Isi dari pempek kapal selam adalah Telur bebek atau telur ayam.
Hampir semua penjaja pempek mempunyai jenis yang ini. Bila ingin mencoba membuatnya sendiri, berikut adalah Resep Pempek Kapal Selam


Bahan Pempek Kapal Selam :
  • Adonan dasar pempek, 1 resep
  • Ikan Tenggiri atau Ikan Gabus yang sudah difillet (diambil dagingnya) n dihaluskan 500 gram
  • Tepung sagu / tapioka, 500 gram
  • Telur ayam, 10 butir
  • Air, secukupnya
  • garam
  • Minyak goreng, 1 liter





Bahan Pelengkap :


      .   Mie basah, 150 gram, siram air hangat, tiriskan
          Mentimun, 1 buah, buang bijinya, potong dadu kecil.
          Kuah cuka atau cuko, 1 resep.
          Ebi tumbuk halus, 5 sendok teh.

Cara membuat Pempek Kapal Selam :
  1. Rebus air dan 2 sendok makan minyak hingga mendidih.
  2. Ambil ikan gabus / tenggiri masukkan kedalam wadah (baskom)
  3. Masukkan garam, sasa secukupnya, aduk rata.
  4. Masukkan Air biasa secukupnya
  5. kemudian masukkan tepung tapioka / sagu sambil diaduk pakai tangan sampai kira2 bisa dibentuk 
  6. Ambil adonan secukupnya, bulatkan.
  7. Buat lubang di bagian tengah adonan dengan cara menekan adonan dengan jari yang telah dilumuri tepung tapioka.
  8. Besarkan lubang adonan, tuang 1 butir telur hingga 2/3 tinggi lubang. Tutup rapat adonan ( jangan sampai telurnya keluar ).
  9. Masukkan adonan dalam air mendidih, rebus hingga matang dan mengapung, angkat.
  10. Celup adonan dalam air hangat. Angkat, tiriskan dan biarkan uap panasnya hilang.
  11. Panaskan minyak, goreng adonan hingga matang. Angkat, tiriskan dan potong sesuai selera.
  12. Sajikan dengan pelengkapnya.


                                  * SELAMAT MENCOBA*





7 komentar:

  1. Wah kalo menu ini menu favorit tamu2 ku, mbak disetiap lebaran. Lebaran kemaren aq nyiapakan 500 buah. Alhamdulillah, laris manis.

    maaf mbak, baru bisa berkunjung. Kangen berat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... wah hebat yah bisa bikin sampe 500 buah... saya sendiri lom pernah tuh...
      (acung jempol deh... )

      Hapus
  2. Balasan
    1. silahkan.... smoga berhasil yah. xixixii

      Hapus
  3. wah mantep nih mba , saya juga kalo di kampus suka beli yang siap saji hehe

    BalasHapus
  4. Jadi ngilers..... pengen empek-empek

    BalasHapus